oleh

KPU Boltim Temukan Ratusan Data Ganda Keanggotaan Parpol

RakyatBMR.com, Boltim – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menemukan ratusan kegandaan data nama anggota partai politik.

Kegandaan ini ditemukan KPU Boltim pada saat verifikasi administrasi tahapan pendaftaran parpol peserta pemilihan umum 2024.

Berdasarkan data analisis Sipol KPU, jumlah data ganda keanggotaan parpol satu dengan parpol lain mencapai
478 nama.

Abdul Kader Bachmid selaku Ketua Divisi Teknis dan Penyelenggaraan KPU Boltim mengungkapkan bahwa pihaknya hingga saat ini masih memberikan kesempatan terhadap masing-masing parpol yang teridentifikasi memiliki kegandaan nama dalam dokumen daftar keanggotaan tersebut, untuk diperbaiki. Sebab jika tidak diperbaiki, data tersebut konsekuensinya tidak memenuhi syarat atau TMS.

“Verifikasi administrasi perbaikan sampai tanggal 28 September. Hampir semua partai memiliki kegandaan eksternal, dan belum semuanya diklarifikasi,” Abdul Kader Bachmid, Selasa (20/9/2022).

Menariknya, di samping kegandaan data nama anggota itu kata Abdul Kader Bachmid, dalam tahapan verifikasi administrasi ini KPU Boltim juga banyak menerima warga yang datang mengklarifikasi data diri mereka dicatut sejumlah partai politik.

“Jadi ada banyak yang dapat di KPU, keberatan dengan namanya tercatat sebagai anggota partai politik. Mulai dari PNS, sampai ada juga staf di Bawaslu Boltim,” sebutnya.

Abdul Kader Bachmid khawatir, tidak menutup kemungkinan hal serupa juga banyak terjadi pada masyarakat umum, namun mereka tidak mengetahuinya.

Padahal, KPU sudah menyediakan fitur khusus di website KPU, guna untuk mengecek keanggotaan partai politik.

“Sebenarnya caranya mudah, cek saja di websitenya KPU melalui link berikut, https://infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Cari_nik Cuma, fitur ini baru segelintir orang saja yang tahu, seperti misalnya PNS,” terangnya.

Adapun bagi masyarakat yang ingin mengajukan tanggapan terkait pencatutan nama yang tidak sesuai atau tanpa konfirmasi, bisa melalui link berikut; https://helpdesk.kpu.go.id/tanggapan atau langsung ke kantor KPU Boltim. (Red)

Komentar

Berita Menarik Lainnya