oleh

Gugatannya Ditolak, Dely Apresiasi Perjuangan Kuasa Hukum Bupati Boltim

RakyatBMR.com, Manado – Pengadilan Tata Usaha Negara Manado, mengeluarkan Amar putusan mengadili dengan menerima eksepsi tergugat tentang kewenangan mengadili (kompetensi absolut) dan menyatakan  gugatan Mantan Sangadi (Kepala Desa) Bongkudai, Dely Mamonto SE, selaku penggugat tidak diterima serta menghukum penggugat membayar keseluruhan biaya yang ditimbulkan dalam sengketa sejumlah Rp 490.200,.

Dengan demikian Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) memenangkan persidangan atas gugatan yang di layangkan oleh Sangadi non aktif atas surat keputusan Bupati Nomor 187 Tahun 2021 tentang penonaktifan dirinya di pengadilan Tata Usaha Negara di Manado.

Dely Mamonto SE, ketika dimintai keterangan menanggapi hasil keputusan ini dengan senyum khasnya sambil menyampaikan tanggapan terkait keputusan Majelis Hakim bahwa tujuannya melayangkan gugatan terhadap SK Bupati terkait pemberhentiannya sebagai Sangadi

“Tujuan saya melayangkan gugatan adalah untuk menguji secara administrasi apakah sudah memenuhi unsur sesuai yang diamanatkan oleh UU Desa nomor 6 Tahun 2017 serta merasa sangat ganjil dan tiba-tiba karena tidak melalui proses tahapan dimana selama ini saya tidak pernah ditegur secara lisan atau pun dipanggil oleh pimpinan untuk dibina,” kata Dely.

“Saya pernah menerima surat teguran 1 kali itupun terburu buru karena keesokan harinya saya sudah diberhentikan. Dan yang membuat saya bingung pada hari dimana saya diberhentikan saya tidak diberi tahu dan tidak menerima salinan SK,” jelasnya.

Terkait keputusan majelis hakim dirinya juga masih bertanya-tanya ada apa, sebab menurutnya dalam fakta persidangan keterangan para saksi dan bukti-bukti dari pihak tergugat berbeda-beda.

“Meski demikian saya tetap kooperatif dan secepatnya akan menjemput surat keputusan tersebut secara resmi guna untuk mengetahui dan mempelajari keseluruhan isi putusan,” terangnya.

Dirinya pun memberi apresiasi terhadap langkah-langkah yang dilakukan tim kuasa hukum dari pihak tergugat.

“Secara pribadi saya salut dan mengapresiasi atas perjuangan sahabat saya, Muclid Sy Wahab, yang bertindak sebagai kuasa hukum Bupati Boltim, dimana selama proses persidangan sejak awal hingga akhir beliaulah yang duduk dan beracara dipersidangan. Disisi lain pengacara Bupati ini cukup profesional dimana Muclid selama persidangan menunjukan keseriusannya, walaupun pertarungan kami cukup memanas tapi ketika diluar persidangan kami tetaplah sahabat. tutup Mamonto. (Red)

Komentar

Berita Menarik Lainnya